-->

Rabu, 25 April 2018

Potensi mati dan hidup

menghidupkan potensi-potensi yang telah mati, sebuah semangat yang menurut saya sangat kental dengan perjuangan. kemauan kita menemukan kemudian kemauan untuk merubah potensi mati didepan kita, bukankah ini tindakan yang mulia. hehehe mungkin bukan itu yang kumaksud. tapi jelaslah agama langit memberikan apresiasi terhadap pembelaan-pembelaan semacam ini. ok. kita mulai dengan keberadaan potensi mati disekitar kita.
seandainya kita membaca sekitar kita, kemudian kita menemukan lokasi, tempat, benda, atau apapun yang bisa seharusnya lebih bermanfaaat. itulah potensi mati, contoh yang perbah gue tekuni adalah menanam gunung kapur dengan pohon pisang. ini memang sekedar pengalaman semata. pikiran gue waktu itu sederhana, jika benar pohon pisang dapamenyimpan air, pasti dia bisa sebagai tanaman perintis. yang dalam sekenario besar saat itu. aku hampir teriak, kalau gue bisa merubah gunung kapur dengan vegetasi yang sempurna dengan pohon, buah, dan hadirnya hewan2. ternyata memang gagal. sekali lagi kiranya ide ini kan sangat mungkin berhasil. sampai sekarang tetap mencoba.
kedua, teman gue. sekarang lagi intent membuat keramba di lahan bekas galian pasir. iya galian pasir DAS sungai brantas. sepanjang itu menyisakan kubangan galian sampai sedalam kurleb 12-15 meter. bagus gak...wkwkwkwk...inilah progran normalisasi sungai berbasis swadaya. maksudnya penambangan yang dibiarkan hehehehe, apakah sungai rusak. jelas iya. kedepan mungkin kita akan terima kasih kepada para penambang liar karena telah menjalankan fungsinya sebagai penghabis pasir, menjadikan sungai lancar, cuma mambek menjelang masuk muara sungai, biar surabaya aja yang bingung karena air gak mengalir ke laut...hehehee.
jelasnya begini. sisa kubangan galian ini ternyata sudah mulai di coba agar bermanfaat dengan dimanfaatkan sebagai keramba, menghasilkan uang. semoga kedepan tidak berebut dan malah menjadi pertumpahan darah. antar pemanfaat lahan DAS ini. baik hati itu sifat, sedangkan perbuatan baik adalah pilihan. mari memilih berbuat baik. hehehehe. slm
.

Total Tayangan Halaman