Kamis, 01 September 2011

SAYUR TERONG

Banyak mitos tentang TERONG;  ada yang mengatakan kalau terong membuat badan menjadi loyo, terong mebikin impotensi, terong menyebabka kemandula pada lelaki dan terong adalah sayuran yang yak punya gizi.

Semua pernyataan Mitos ini harus dikikis habis atau setidaknya diberikan jawaban penyeimbang, fakta justru sebaliknya. Terong justru mendongkrak gairah seksual pria karena efek afrodisiaknya. Penelitian ilmiah punya fakta lain, terong dapat mencegah kanker, kaya serat, mengandung vitamin (A, B & C) dan mineral penting lainnya. Berbagai penyakit seperti wasir, rematik, batuk, dan penyakit kulit.

Terong mengandung striknin, skopolamin, skopoletin dan skoparon yang berfungsi sebagai penghambat serangan sawan dan gugup. Jadi sangat mungkin terong dapat mengobati penyakit epilepsi.

Kandungan protease (tripsin) pada terong dipercaya dapat menolong melawan serangan zat penyebab penyimpangan kromosom pada sel-sel yang rusak. ini sebagai petunjuk adanya manfaat anti kanker pada sayur terong.

terong juga mampu menghambat pembentukan plak-plak lemak, mencegah dan mengobati ateroklerosis, membatasi asupan kolesterol dalam saluran cerna, bahkan mampu mengangkat kolesterol yang terdapat dalam aliran darah.  dengan terkikisnya lemak darah, manfaat utamanya adalah memperingan kerja arteri darah dan jantung, lebih sehat.

Dan Sampai saat ini kami belum ditemukan dalam jurnal ilmiah yang memberikan penjelasan mengenai kaitan antara terong ungu dengan kemandulan.


JENIS JENIS TERONG ==>

1. Terung Belanda
cypomandra atau terung kori dikenal juga dengan nama salanun kabiu, mulai di kembangkan di Bogor Jawa Barat sejak tahun 1941, mungkin pertama kali dibawa dan dikembangkan di Indonesia oleh orang belanda pada waktu itu sehingga dikenal dengan nama Terung Belanda, padahal buah tersebut berasal dari daerah Amazone di Amerika Latin.

Buah dengan nama latin salanun guatense LAMK termasuk famili solonaceae ini mempunyai warna bermacam-macam. Terung Belanda bisa dibuat manisan, dimakan langsung, atau dijus dibuat minuman segar, untuk menambah rasa bisa ditambahkan gula atau madu sesuai dengan selera.

Selain enak dikonsumsi buah terung belanda juga punya khasiat untuk menurunkan kolesterol, mengobati darah tinggi, mengatasi sariawan, mengatasi asam urat dan masih banyak lagi manfaat lainnya.


2. Terung pipit
dikenali sebagai terung rembang, atau terung manggul adalah sejenis ulam yang terdapat di hutan Malaysia. Nama botani terung ini adalah Solanum tarvum.Dapat meredakan kesakitan akibat sakit perut yang berterusan. Selain itu akarnya pula dapat mengubati retak kulit pada kaki. Terong Pipit juga merupakan tumbuhan liar di Malaysia dan di negara-negara tropika.Biasanya dimakan secara mentah ataupun dicelur untuk dijadikan ulam.


3. Terong Hijau
Khasiat terong hijau hampir sama persis dengan terong ungu yaitu dapat mencegah pmbentukan plak lemak dan mencegah kanker. Selain itu dapat juga meningkatkan gairah seks pria


4. Terong susu
Tumbuhan yang biasa ditanam sebagai tumbuhan hiasan kerana bentuk da warna buahnya yang menarik ini boleh mencapai ketinggian hingga 4 kaki.Ia merupakan tumbuhan tropika. Buah ini biasanya berwarna oranye. Nama lain dari Terong ini adalah Terong Susu Kambing/Tetek Kambing. Dinamakan begitu karena berbentuk seperti susu kambing ( awas gan jangan ngeress ). Khasiat dari terong ini adalah untuk mengobati penyakit seperti darah tinggi, kencing manis, buasir dan barah buah dada.
Untuk penyakit darah tinggi, bagian yang digunakan ialah buahnya.
Sebiji buahnya dilubangi dengan jarum pada bagian ujungnya kemudian direbus hingga mendidih dan airnya diminum 2 gelas sehari.

 
Design by MuRo blog's | muhiburrohman.blogspot.com